Apa Saja Yang Telah DiPost Kan, Lihat Disini yaa

MAU TOP SPEED MOTOR ANDA NAIK?


motor kenceng
Ingin sepeda motor anda kenceng tanpa oprek2 mesin atau tanpa seting mesin.
Pada postingan ini penulis ingin berbagi pengalaman untuk menambah TOP SPEED tanpa Merubah Setingan mesin atau Oprek-oprek mesin. Tetapi Penulis mengingatkan ini tergantung pada kondisi jalan yang ada di daerah Bro2 n Sis2. Ada bermacam-macam  Jenis Jalanan “tidak hanya lurus , Tanjakan atau datar saja”, namun karena mesin sepeda motor yang berfungsi sebagai penggerak utama tidak dapat menyesuaikan kondisi jalan dengan baik walaupun ada untuk mengganti perseneling/gigi, misal ketika  jalan lurus atau datar saja atau jalanan naik atau mendaki, maka motor akan memerlukan suatu torsi yang berbeda dan  yang besar dengan kecepatan atau akselerasi sepeda motor yang diperlukan rendah.

CONTOH, Pada saat motor jalan menanjak meskipun putaran mesinnya tinggi karena katup gas dibuka penuh tetapi  putaran mesinnya harus diubah menjadi kecepatan motor yang rendah. Begitupun sebaliknya, ketika sepeda motor berjalan pada kondisi jalan lurus yang rata, maka kecepatan sangat dibutuhkan tapi tidak dibutuhkan torsi/kekuatan mesin yang besar.
Biar agak jelas, pakai contoh rasio gir Astrea. Bebek Honda ini  Umumnya pakai gir depan 15, belakang 40. Rasio 40 dibagi 15. Hasilnya 2,667. Jadi batas maksimal ngentengin perbandingan gir adalah 2,567. Sedang batas maksimum ngeberatin rasio gir adalah 2,767.
Kalo mau perbaiki akselerasi bisa dengan memperbesar gir belakang satu mata, yaitu 41. Kan rasio sproketnya jadi 2,733 (41 dibagi 15). Tapi, jika nurunin gir depan satu mata (14) hasilnya jadi 2,857. Lewat dari batas maksimum.
Makanya, bila mau nambah akselerasi dengan make gir depan 14, gir belakang pun kudu diganti. Yang memenuhi aturan kudu pake gir belakang 38. Sebab, dengan itu rasio girnya jadi 2,714 (38 dibagi 14).
Jadi mulai sekarang haruslah hati-hati dalam menghitung rasio gir, agar motor tetap dapat melaju dengan kencang dan tepat settingan.
Perlunya mengubah perbandingan sproket ini adalah untuk menjaga agar torsi dan power tidak ada yang kebuang sia2 ..Artinya,motor tetep enak seperti sebelum ganti velg 17an
Kalo setelah ganti velg 17 dan anda tetep mempertahanken sproket bawa’an nya, dijamin, akselarasi nya boleh dapet namun begitu top gear baru ketauan ternyata mesin jadi “SIYEM” yg berarti mesin meraung namun kecepatanya tak bertambah. Disitulah kalo power jadi kebuang sia2
JADI Kesimpulanya ,Akselerasi Mudah  artinya, hasil bagi jumlah mata gir belakang dengan depan setelah diganti jadi lebih kecil ketimbang aslinya. Klo mau akselerasinya lambat atau berat, hasil bagi jumlah mata gir belakang dengan depan setelah diganti jadi lebih besar daripada standar.Image

Artinya Untuk rubahan rasio gir depan-belakang maksimal 1 mata. Baik itu dibuat entengin atau dibuat berat . Maksudnya, Kalo diitung perubahan rasionya, plus-minus, maksimal 0,1.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "MAU TOP SPEED MOTOR ANDA NAIK?"

  1. SPEED MOTOR memang sangat penting untuk jaman sekarang, kami merupakan pabrikasi gearbox motor yang jual electric motor dengan harga yang sangat terjangkau dengan proses yang cepat.

    ReplyDelete
  2. nice info bgt, termaksih membantuk kami, kami juga jual gearbox motor dengan harga yang cukup murah

    ReplyDelete