Ingin sepeda motor anda kenceng
tanpa oprek2 mesin atau tanpa seting mesin.
Pada postingan ini penulis ingin
berbagi pengalaman untuk menambah TOP SPEED tanpa Merubah Setingan mesin atau
Oprek-oprek mesin. Tetapi Penulis mengingatkan ini tergantung pada kondisi
jalan yang ada di daerah Bro2 n Sis2. Ada bermacam-macam Jenis Jalanan “tidak hanya lurus , Tanjakan atau
datar saja”, namun karena mesin sepeda motor yang berfungsi sebagai penggerak
utama tidak dapat menyesuaikan kondisi jalan dengan baik walaupun ada untuk
mengganti perseneling/gigi, misal ketika jalan lurus atau datar saja atau jalanan naik
atau mendaki, maka motor akan memerlukan suatu torsi yang berbeda dan yang besar dengan kecepatan atau akselerasi sepeda
motor yang diperlukan rendah.
CONTOH, Pada saat motor jalan
menanjak meskipun putaran mesinnya tinggi karena katup gas dibuka penuh tetapi putaran mesinnya harus diubah menjadi
kecepatan motor yang rendah. Begitupun sebaliknya, ketika sepeda motor berjalan
pada kondisi jalan lurus yang rata, maka kecepatan sangat dibutuhkan tapi tidak
dibutuhkan torsi/kekuatan mesin yang besar.
Biar agak jelas, pakai contoh
rasio gir Astrea. Bebek Honda ini Umumnya pakai gir depan 15, belakang 40. Rasio
40 dibagi 15. Hasilnya 2,667. Jadi batas maksimal ngentengin perbandingan gir
adalah 2,567. Sedang batas maksimum ngeberatin rasio gir adalah 2,767.
Kalo mau perbaiki akselerasi bisa
dengan memperbesar gir belakang satu mata, yaitu 41. Kan rasio sproketnya jadi
2,733 (41 dibagi 15). Tapi, jika nurunin gir depan satu mata (14) hasilnya jadi
2,857. Lewat dari batas maksimum.
Makanya, bila mau nambah
akselerasi dengan make gir depan 14, gir belakang pun kudu diganti. Yang
memenuhi aturan kudu pake gir belakang 38. Sebab, dengan itu rasio girnya jadi
2,714 (38 dibagi 14).
Jadi mulai sekarang haruslah
hati-hati dalam menghitung rasio gir, agar motor tetap dapat melaju dengan
kencang dan tepat settingan.
Perlunya mengubah perbandingan
sproket ini adalah untuk menjaga agar torsi dan power tidak ada yang kebuang
sia2 ..Artinya,motor tetep enak seperti sebelum ganti velg 17′an
Kalo setelah ganti velg 17 dan
anda tetep mempertahanken sproket bawa’an nya, dijamin, akselarasi nya boleh dapet
namun begitu top gear baru ketauan ternyata mesin jadi “SIYEM” yg berarti mesin
meraung namun kecepatanya tak bertambah. Disitulah kalo power jadi kebuang sia2
JADI Kesimpulanya ,Akselerasi
Mudah artinya, hasil bagi jumlah mata
gir belakang dengan depan setelah diganti jadi lebih kecil ketimbang aslinya. Klo
mau akselerasinya lambat atau berat, hasil bagi jumlah mata gir belakang dengan
depan setelah diganti jadi lebih besar daripada standar.Image
Artinya Untuk rubahan rasio gir
depan-belakang maksimal 1 mata. Baik itu dibuat entengin atau dibuat berat .
Maksudnya, Kalo diitung perubahan rasionya, plus-minus, maksimal 0,1.
SPEED MOTOR memang sangat penting untuk jaman sekarang, kami merupakan pabrikasi gearbox motor yang jual electric motor dengan harga yang sangat terjangkau dengan proses yang cepat.
ReplyDeletenice info bgt, termaksih membantuk kami, kami juga jual gearbox motor dengan harga yang cukup murah
ReplyDelete