Apa Saja Yang Telah DiPost Kan, Lihat Disini yaa

GANTI OLI MOTOR ANDA

oli


TIPS MENGGANTI OLI MESIN MOTOR
        Oli berfungsi Melumasi bagian mesin motor yang bergerak, jadi oli harus rutin berganti karena oli yng cukup lama digunakan sudah terdapat hasil gesekan antar logam, apa bila ini dibiarkan maka kondisi mesin akan tidak lama umurnya. Leh karena itu wajib hukumnya untuk mengganti oli secara berkala atau teratur , Oli yang di produksi di Negara kita ini memang memiliki banyak jenis,  dari jenis oli mineral sampai oli full syntetic. Penggantian oli motor biasanya dilakukan oleh pengguna oleh pemberitahuan buku manual atau pengetahuan pengendara yang dilakukan secara berkala setiap bulanya dengan jarak 1000km sampaidengan 3000km tergantung dari kualitas oli yang digunakan.
Pada dasarnya oli sepeda motor itu memiliki 3 tipe yaitu:
1.        Oli Motor Bahan mineral
2.       Oli Motor Sintetis
3.       Oli Motor Semi sintetis
        Selain Jenis oli ali juga mempunyai kekentalan tertentu yang ditetapkan oleh Pabrikan motor tersebut,
Kekentalan tersebut sudah disetandarkan atau sering disebut SAE, jadi kode SAE pada kemasan oli ataw anjuran pabrikan adalah jenis kekentalan oli Umumnya Untuk Sepeda motor range atau jarak antara 5 SAE sampai 40 SAE .
        Jenis SAE ini akan mempengaruhi mesin atau akselerasi  Yang membuat motor menjadi lambat dan juga akselerasi /tarikan motor menjadi berat yaitu dikarenakan tingkat kekentalan oli motor yang digunakan
Jadi Kesimpulannya Untuk Mengganti Oli Mesin Motor Anda Dianjurkan Oleh Penulis Untuk Mengganti sesuai anjuran Pabrik. Jika anda ingin mengganti oli mesin pada motor anda sendiri sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini :
Gantilah oli motor dengan menggunakan tipe SAE yang sama, anda bisa melihat pada kemasan produk oli motor sebelum membeli oli motor yang baru dengan merek yang berbeda atau bisa browsing oli standart untuk merek motor tertentu. Jika anda sering gonta ganti jenis  oli maka ganti juga komponen filter atau saringan  oli pada saat penggantian oli motor karena hal ini dikhawatirkan tersumbat akibat lepasnya  film oli atau kerak oli yang akan menyumbat filter atau saringan  oli.
        Anda bisa menggunakan oli dengan tingkat kekentalan sesuai dengan buku petunjuk untuk menujang akselerasi motor agar lebih cepat saat ditarik gas maka bisa pilih tipe SAE 10w – 30 atau 10W – 40. Atau lebih kecil dari standar pabrikan
Oh ya untuk menghemat pilih lah oli yang umurnya  panjang , supaya  motor bisa digunakan sampai 5000 km – 6000 km atau lebi ,tapi jika ingin motor anda ingin awet dan tahan lama  saya saran kan 1000 km- 2500km sudah di ganti .
Mungkin Itu saja tips yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat, Ok

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "GANTI OLI MOTOR ANDA"

  1. info yang bermanfaan nih kita jadi tahu bagaimana cara mengganti oli yang baik, buat kamu yang cari gearbox motor, solusinya adalah duta makmur gearindo supplier gearbox motor dengan harga yang sangat terjangkau dengan proses yang cepat.

    ReplyDelete
  2. selalu min, sebulan sekali ane ganti federal oil untuk motor matic ane

    ReplyDelete