Motor Baru Dari YAMAHA INDONESIA
YMI ( YAMAHA MOTOR INDONESIA) baru saja meluncurkan motor baru yaitu matik
sporty Aerox 155. Matik yang ditenagai mesin 155 cc ini menggunakan basis mesin
150cc dari Yamaha NMax 155 yang sudah lebih dulu nongol.Untuk teknologi matic
ini/Aerox dibekali VVA (Variable Valve
Actuation) dan yang menjadi andalan NMax juga ada di Aerox. Nah disini Penulis
akan membandingkan keduanya matic besutan Yamaha. Padahal untuk segmenya agak
berbedan, namun Aerox masih pantas dibandingkan dengan sodaranya NMax.
Untuk urusan power yang dimuntahkan kedua matic ini yaitu NMax
di angka 14,9 HP yang didapat di putaran mesin 8000 rpm sedangkan Aerox 14,8 HP
@8000 rpm. Sedikit beda tapi tetap saja beda he he he.untuk urusan body Aerox lebih panjang 35 mm lebih tinggi 10 mm
namun lebih ramping 40 mm dari NMax.
Ground clearance serta tinggi jok Aerox
juga lebih tinggi dari NMax. Aerox punya GC 142 mm, NMax 135 mm. Tinggi jok
Aerox 790 mm, NMax lebih rendah 25 mm alias 765 mmtetapi melihat torsi yang
dihasilkan yamaha NMax punya torsi 14,4 Nm yang didapat di 6000 rpm. Torsi Aerox
yang di kisaran 13,8 Nm yang dicapai lebih lama di 6250 rpm jadi Yamaha Nmax
sedikit lebih besar tapi berat Aerox
yang 9 kg lebih ringan dari NMax mampu membuat performa Aerox tidak lagi
inferior loh. Power to Weight Ratio (PWR) Aerox mencapai 0,125 hp/kg bandingkan
dengan NMax yang “hanya” 0,117 hp/kg. Torsi pun
demikian, Torque to Weight
Ratio (TWR) Aerox mencapai 0,117 Nm/kg sedangkan NMax 0.113 Nm/kg. Bobot Aerox
yang lebih ringan menjadikannya lebih lincah dibanding NMax. Sangat wajar,
sebab Yamaha memposisikan Aerox 155 sebagai Matik Super Sport yang sangat
dituntut performanya. Kalau NMax sih lebih sebagai motor santai namun tetap
menyimpan performa gahar.
Yamaha juga membekali
Aerox kaki yang lebih gemuk dari NMax.
Velg NMax ring 13 dan Aerox mempunyai ring 14. Ban depan kedua matic ini
sama-sama 110 namun yang belakang punya Aerox lebih besar 140 berbanding 130 milik NMax , Dengan ring 14
yang dipakai Aerox akan lebih cepat untuk akselerasi, motor yang berjuluk Super
sport matik memang harus lebih akseleratif dibanding matik santai menseyuaikan
desain body nya,jadi peruntukan Aerok untuk sport dan nmax lebih mantab untuk dipakai turing, hal ini pun terlihat
dari kapasitas tangki bbm, Kapasitas tangki bbm NMax 6,6 liter, Aerox hanya 4,6
liter jadi NMax tidak akan sesering Aerox masuk pom jika dibawa touring. Tentu
saja lebih menghemat waktu. Jadi sudah
bisa menetukan pilihan untuk meminang matic 150cc dari Yamaha tersebut
Belum ada tanggapan untuk "AEROX 155 atau NMAX 150, PILIHAN SESUAI KEBUTUHAN"
Post a Comment